Pastikan Proses Verifikasi Faktual, Bawaslu Lakukan Pengawasan

Pengawasan Verifikasi Faktual
Koordinator Divisi Pengawasan, Humas, Hubungan Antar Lembaga dan Masyarakat Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan, Syafrijal Chan (duduk di kursi), bersama jajaran sedang melakukan pengawasan verifikasi faktual di lapangan.

Pesisir Selatan, Scientia—Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan, melaksanakan tugas pengawasan dalam proses verifikasi faktual dukungan calon perseorangan Gubernur dan Wakil Gubernur, yang dilakukan oleh jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU), dalam hal ini Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“Proses pengawasan terhadap jalannya verifikasi faktual dilaksanakan selama 14 hari, dimulai sejak dokumen B1.1 KWK diterima oleh PPS,” ungkap Koordinator Divisi Pengawasan, Humas, Hubungan Antar Lembaga dan Masyarakat Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan, Syafrijal Chan, saat dihubungi melalui pesan singkat, Sabtu (04/06).

Syafrijal Chan pun menyampaikan, bahwasanya pengawasan ini, dilakukan untuk memastikan, proses verifikasi faktual sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Seperti salah satunya, pengawasan dalam pencocokan data pendukung di B1.1 KWK dengan data aslinya saat dilakukan verifikasi faktual (vertual),” ulas Syafrijal Chan.

Lebih lanjut, Syafrijal Chan mengatakan, pengawasan ini, dilakukan dengan metode pengawasan sensus dan pengawasan sampling audit.

“Sampling audit dilaksanakan, karena personil Bawaslu di lapangan tidak mencukupi untuk mengawasi satu-persatu PPS yang melaksanakan vertual,” ujar Syafrijal Chan.

Syafrijal Chan berharap, untuk semua pihak ikut andil mengawasi dan mendukung proses verifikasi faktual ini. Jika, ditemukan potensi pelanggaran di lapangan, saat vertual, segera, laporkan kepada Bawaslu Kabupaten Pesisir Selatan. (JWA)

Comment