KPU Dharmasraya Gelar Sosialiasi Pemilu

Suasana Sosialisasi Lanjutan

Dharmasraya, Scientia – KPU Dharmasraya kembali gelar Sosialisasi Lanjutan Tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Auditorium Kantor Bupati, Kamis (2/7).

Sosialisasi ini diikuti pengurus Partai Politik, Ormas, KNPI, dan OKP Se- Dharmasraya. Ketua KPU Dharmasraya Maradis menyampaikan dalam sambutannya bahwa dengan ketatnya jadwal Pemilu kali ini, maka peraturan yang ada harus segera disosialisasikan kepada masyarakat.

“Pilkada tahun 2020 ini berbeda tahapan kampanye pada sebelumnya. Kalau tahun sebelumnya debat Paslon dua kali dilaksanakan dengan metode pasangan calon difasilitasi dalam suatu ruangan tertutup dan tidak dibenarkan pendukung atau masyarakat melihat secara langsung, namun sekarang akan ditayangkan di media untuk diketahui masyarakat umum”, ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum, Zainal Efendi meminta struktur Parpol tingkat daerah/ kepengurusan Parpol agar menyerahkan SK terbarunya paling lambat 1 bulan menjelang hari H pendaftaran. Kalau tidak diindahkan maka konsekuensinya Parpol tidak bisa mendaftarkan balon yang akan diusung.

Sosialisasi yang dilakukan merujuk kepada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU)  1 tahun 2020 tentang perubahan atas PKPU nomor 3  tahun 2017 tentang pencalonan pemilihan  Gubernur dan wakil gubernur, Bupati dan wakil Bupati, dan/atau Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Tahapan, Program Dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota. (Tnl)

Comment