Kendala Teknis Verifikator Pemilu

Erlonadi Disela-sela Rapat Koordinasi Virtual dengan PPK Se-Kabupaten Tanah Datar

Tanah Datar, Scientia. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Datar lakukan rapat koordinasi tentang tahapan Verifikasi Faktual dengan seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) secara virtual, Rabu 01/07. Rapat dipimpin langsung Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Tanah Datar, Erlonadi. Menurut Erlonadi, pasca tiga hari turun ke lapangan, verifikator di tiap nagari menemukan beberapa kendala teknis.

“Verifikator tidak menemui orang yang akan diverifikasikan datanya. Untuk itu PPK diminta menginstruksikan kepada verifikator, agar mendatangi kembali yang bersangkutan di lain waktu agar bisa ditemui atau berada di tempat tinggalnya”, jelas Erlo.

Selanjutnya, Erlo juga menyampaikan dari 14  kecamatan dengan 75 nagari di Tanah Datar, sudah ada verifikator yang menyelesaikan tugasnya.

“Untuk laporan sementara sudah ada beberapa nagari dan kecamatan yang menyelesaikan tahapan Verfaknya, nanti kita tunggu kecamatan lain yang masih melakukan kegiatan tahapan tersebut”, sampainya.

Erlo juga menambahkan, ada tiga kecamatan di kabupaten Tanah Datar yang memiliki data terbanyak tersebut, seperti Kecamatan X Koto, Kecamatan Lima Kaum dan Kecamatan Rambatan.

“Kepada tim lapangan,  PPK, PPS ataupun verifikator untuk tidak terlena dengan jadwal yang sudah ditetapkan, jika kita menyelesaikan tahapan ini lebih cepat dan efektif maka waktu bisa kita manfaatkan untuk kegiatan lainnya”, tambah Erlo. (Jgm)

Comment