E-Retribusi Mulai Diberlakukan di Pasar Raya Padang

Kondisi Terkini Pasar Raya Padang

Padang, Scientia – Penerapan e-retribusi sudah dimulai, Rabu (1/07) di Pasar Raya Padang. Dinas Perdagangan Kota Padang bersama Bank Nagari Cabang Pasar Raya, melakukan pemungutan kepada pedagang harian.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Andre Algamar, saat ini baru Pasar Raya Padang dan Pasar Nanggalo yang menggunakan e-retribusi. Namun, nantinya akan diterapkan juga di pasar pembantu lainnya di Kota Padang.

“Untuk sekarang, kita evaluasi dulu dua titik ini. Akhir Juli akan kita berlakukan juga untuk pasar pembantu lainnya,” terang Andre.

Ia menambahkan, penggunaan e-retribusi ini tidak dikenakan biaya tambahan. Biaya retribusi masih sama, hanya berbeda cara pembayarannya.

“Jadi dalam penerapan e-retribusi ini, tidak memungut biaya apapun. Nominal pembayaran retribusi masih sama, cara bayarnya saja yang beda,” ungkapnya.

Andre menjelaskan, Proses pembayaran dimulai dari petugas pasar mendatangi pedagang, lalu pedagang melakukan pembayaran melalui elektronik. Setelah proses berhasil, pedagang dan petugas mendapatkan struk pembayaran.

“Kemudian petugas pergi ke bank untuk stor tunai. Terakhir petugas sudah bisa mengecek di sistem,” tutupnya. (Ari)

Comment