Program Tentara Membangun Desa diresmikan

Dandim 0307 Tanah Datar, Letkol Edi Sugianto memukul gong peresmian TMMD

Tanah Datar, Scientia – Agenda Tentara Manunggal Membanguan Desa  (TMMD) ke-108 tahun 2020 resmi dibuka di wilayah Kabupaten Tanah Datar. Pembukaan tersebut dilakukan Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma di Gazebo Indojolito Batusangkar, Selasa (30/06). Menurut Zuldafri, semangat TMMD perlu disinergikan dengan upaya masyarakat.

“Jika TMMD disinergikan dengan semangat masyarakat maka pembangunan bisa cepat direalisasikan. Dengan adanya program ini diharapkan OPD juga ikut berkontribusi untuk TMMD, minimal membantu semen satu atau dua zak, buah-buahan atau buah tangan lainnya”, ujar Zuldafri.

Sementara, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sumatera Barat, Syafrizal Ucok mengharapkan agar TMMD kali ini memperoleh hasil maksimal sesuai semangat TNI.

“Program ini juga membantu pemerintah menuju masyarakat sejahtera adil dan makmur,” katanya.

Sementara itu, Wali Nagari Panyalaian Roni Dt Paduko Sirajo mengharapkan  TMMD di Nagari Panyalaian kecamatan X Koto bisa bermanfaat untuk mengurai kemacetan di Koto Baru.

“Kita  berharap pembukaan jalan diiringi pengerasan sehingga bisa dilalui kendaraan”.

Tanah seluas  2800 meter dengan lebar enam meter sudah dibebaskan dari lahan masyarakat. Akses jalan ini diharapkan bermanfaat terutama untuk sarana pertanian.

Hal yang sama juga diungkapkan Dandim 0307 Tanah Datar, Letkol Edi Sugianto. Menurut Edi,  150  personil akan bekerja bersama masyarakat hingga 29 Juli 2020 nanti. Pekerjaan yang berat ini diharapkan bisa ringan dan tuntas selama proses TMMD.(Jgm)

Comment