Pemko Payakumbuh Lakukan Tes Swab Massal

Payakumbuh tes swab massal
Pemko Payakumbuh Lakukan Tes Swab Massal untuk Memastikan Warganya Bebas`dari Paparan Covid-19

Payakumbuh, Scientia — Untuk memastikan warganya terbebas dari Covid-19, Pemko Payakumbuh akan melakukan tes swab secara massal di semua Kecamatan yang dimulai hari ini, Selasa (30/06).

“Sesuai instruksi Gubernur, 1 hingga 1,2% warga Payakumbuh  akan dites swab. Tujuannya untuk kewaspadaan terhadap Covid-19,” kata Riza Senin kemarin, dalam video konferensi bersama wartawan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Dr. Bakhrizal menjelaskan swab massal ini pesertanya disampling, data warga perkelurahan sudah ada di kecamatan.

“Hari ini kita mulai di Payakumbuh Utara dengan target sebanyak 380 masyarakat yang di swab,” kata dr. Bakhrizal didampingi Sekretaris Dinkes Wawan.

Heppy Harianto, salahsatu warga yang ikut swab dari Kelurahan Koto Kociak Kubu Tapak Rajo mengaku mengikuti swab ini untuk kebaikan dirinya dan keluarga. Ia waspada agar tidak terpapar Virus Corona.

“Sebaiknya ada minimal satu orang perkeluarga yang diswab. Hasilnya semoga bisa nemberi manfaat, saya gak takut ikut Swab, ini untuk diri kita untuk orang terdekat,” katanya.

Sementara itu, Camat Desfitawarni berharap tidak ada warganya yang positif, dorongan camat dan lurah untuk melaksanakan swab ini sangat kuat kepada warga.

Untuk informasi, Rabu (1/7) akan dilaksanakan di Payakumbuh Timur di Pustu Padang Alai dan Puskesmas Aia Tabik. Kamis (2/7), di Kecamatan Payakumbuh Timur, di Balai Batimah Kelurahan Tiakar dan Balai Kaco Kelurahan Payobasuang. Sementara di Kecamatan Payakumbuh Selatan swab massal digelar di Kantor Camat.

Jumat (3/7) untuk Kecamatan Latina di Puskesmas Lamposi. “Untuk Payakumbuh Barat sendiri akan digelar minggu depan, selama Senin hingga Jumat karena warga di kecamatan itu banyak,” kata Kadis Kesehatan. (TM)

Comment