oleh

Pembelajaran Karakter Menjadi Solusi Aplikasi Kurikulum di Tengah Pandemi

Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Padang

Padang, Scientia – Penekanan pembelajaran karakter menjadi solusi dalam mengapresiasikan kurikulum di tengah situasi pandemi saat ini. Demikian disampaikan  Kepada Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Padang, Syafrizal Syair dalam acara Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMP Kota Padang, secara Virtual  Senin (29/06). Menurut Syafrizal, guru tidak harus mengajarkan semua materi kepada siswa dalam situasi pandemi ini. Guru harus menekankan pada pembelajaran skill dan karakter.

“Pembelajaran Skill bisa melalui praktik atau keterampilan seperti tuntutan materi pelajaran, sementara pembelajaran karakter bisa melalui pembiasaan siswa di rumah, seperti belajar disiplin,  jujur dan menjadi contoh bagi saudaranya yang lain”, ujar Syafrizal.

Di dalam situasi pandemi ini, guru perlu menetapkan materi  esensial terlebih dahulu. Dari materi tersebut bisa ditentukan arah pembelajaran siswa. pembelajaran bisa berdasarkan skala prioritas. Jadi tidak semua materi yang biasa diajarkan satu semester diberikan kepada siswa selama pembelajaran online.

Hal yang sama juga diungkapkan Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMP Kota Padang, Defril Syafrin. Menurut Defril, tim pengurus MGMP Kota Padang sedang menyusun materi esensial, dan bahan ajar  yang akan diberikan kepada siswa.

“Setelah semuanya bahan lengkap, maka materi tersebut akan diberikan ke forum guru ini”, jelas defri

Dengan adanya materi esensial ini diharapkan semua guru bahasa Indonesia bisa memberikan materi pelajaran sesuai dengan tuntutan kurikulum di tengah pandemi. Untuk aplikasi acuan ini juga diserahkan sesuai kebijakan  sekolah masing-masing.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Koordinator MGMP Bahasa Indonesia SMP, Sukadianto dan 100 orang lebih guru Bahasa Indonesia SMP/MTs Kota Padang.  Kegiatan tersebut direncanakan sekali dua minggu melalui aplikasi zoom meeting. Idra

Komentar