Pengkaderan Penting dalam Kepengurusan PMII

Diskusi Daring Pengurus PMII Sumbar

Padang, Scientia- Pembinaan terhadap kader Korps Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Puteri (Kopri) Sumatera Barat penting dilakukan. Apalagi di tengah pandemi Covid 19.

Demikian disampaikan Ketum PB Kopri, Septi Rahmawati saat acara Halal bi Halal dan diskusi secara daring, Selasa Malam (23/6) yang diikuti oleh kader Kopri dan Kopra yang ada di seluruh kabupaten/kota se-Sumbar dan beberapa daerah di luar Sumbar.

Menurut Septi, tugas utama sebuah organisasi yaitu melakukan pengkaderan. Kaderisasi akan menjaga loyaitas dan solidaritas kader dalam menanamkan serta mengaplikasikan nilai-nilai dasar yang dimiliki organisasi.

“Kita perlu ketahui, kegiatan yang kita ikuti hari ini merupakan bentuk kaderisasi informal, ini yang harus kita lakukan, meskipun dalam situasi dan kondisi yang berbeda dari sebelumya,” ujar Septi.

Menurutnya, Kopri harus mempersiapkan kemampuan diri di setiap bidang dalam menghadapi perkembangan zaman dan harus tetap melakukan kaderisasi dengan melakukan pendekatan secara individual.

“Lakukan kegitan yang positif, inilah yang akan menampakkan besarnya kepedulian kader dalam mengurus organisasi,” tutup Septi.

Sementara itu, Ketua Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Kopri Sumbar, Rizka Adilla mengatakan, diskusi ini sebagai ajang berbagi keluh kesah selama pandemi, serta mengevaluasi sejauh mana gerakan Kopri dalam menghadapi Covid-19.

”Sekarang sudah masuk new normal, kita perlu berbagi cerita serta melakukan evaluasi untuk melakukan kaderisasi ke depannya,” ujar Rizka saat dihubungi Scientia.id.

Kegiatan yang disiarkan secara langsung melalui aplikasi Zoom Metting ini mengusung tema, “Gerakan Kopri Dalam Menghadapi New Normal” dengan menghadirkan dua pembicara, Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar (PB) Kopri, Septi Rahmawati dan Sekretaris Umum (sekum) PB Kopri, Nurmanengsih.
Kegiatan ini juga diikuti Sekretaris Mabinda PKC PMII Sumbar, Afriendi Sikumbang, Komisioner KPU Padang Pariaman, Ory Sativa, Ketua PKC PMII Sumatera Barat, Rodi Indra Saputra dan Ketua PC PMII dan Ketua PC Kopri Se-Sumbar dan alumni serta senior PMII.(YRP)

Comment