oleh

Bupati Lima Puluh Kota Tinjau Pelaksanaan PPDB 2020

Bupati Lima Puluh Kota, Irfendi Arbi saat meninjau Pelaksanaan PBDB
di SMPN 1 Kecamatan Payakumbuh

Lima Puluh Kota, Scientia — Pelaksanaan PPDB 2020 ini dianjurkan secara online guna menghindari penyebaran Covid-19. Demikian disampaikan Bupati Lima Puluh Kota, Irfendi Arbi saat meninjau Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 di SMPN 1 Kecamatan Payakumbuh, Kamis(25/6).

Menurut Irfendi Protokol kesehatan Covid 19 di sekolah tetap dijalankan, seperti menyediakan tempat cuci tangan, jaga jarak aman, pakai masker, kalau guru dan tenaga pendidik kurang sehat (deman) tetap di rumah saja, termasuk ibu hamil.

“Ada beberapa kategori pelaksanaan PPDB SMP tahun ini, diantara nya jalur Zonasi (50%) diiperuntukkan bagi peserta didik berdomisili di dalam wilayah zonasi yang ditetapkan pemerintah daerah. Kuota ini termasuk bagi anak penyandang disabilitas”, ujar Irfendi

lebih lanjut Irfendi menambahkan untuk kategori zonasi ini dibuktikan dengan domisili calon peserta didik berdasarkan alamat pada kartu keluarga yang diterbitkan paling singkat 1 tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB. Sekolah memprioritaskan peserta didik yang memiliki KK atau surat keterangan domisili dalam satu wilayah kabupaten/kota yang sama dengan sekolah asal

Selanjutnya kategori Afirmasi (15%) diperuntukkan bagi peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu. Hal ini dibuktikan dengan bukti keikutsertaan peserta didik dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah pusat/daerah (Kartu Indonesia Pintar dan sejenisnya). Jalur ini berlaku bagi peserta didik yang berdomisili di dalam dan di luar wilayah zonasi sekolah bersangkutan.

Bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah pusat/daerah wajib dilengkapi dengan surat pernyataan dari orangtua/wali. Isinya menyatakan bersedia diproses hukum apabila terbukti memalsukan bukti keikutsertaan.

Jika terdapat dugaan pemalsuan bukti keikutsertaan dalam program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah pusat/daerah wajib melakukan verifikasi data dan lapangan serta menindaklanjuti hasil verifikasi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Selaanjutnya kategori jalur perpindahan tugas orangtua/wali diterima sebanyak (5 %). Perpindahan tugas orangtua/wali dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan. Kuota jalur ini dapat digunakan untuk anak guru.

Sementara untuk kategori Jalur Prestasi (30%) diitentukan berdasarkan nilai ujian sekolah atau UN dan atau hasil perlombaan dan atau penghargaan di bidang akademik maupun non-akademik pada tingkat internasional, nasional, provinsi, dan atau tingkat kabupaten/kota. Bukti atas prestasi hasil perlombaan/penghargaan itu diterbitkan paling singkat 6 bulan, dan paling lama 3 tahun sejak tanggal pendaftaran PPDB.

Irfendi mengharapkan agar semua kategori PPDB SMP 2020 ini diharapkan terisi sesuai kuota masing-masing sekolah, dengan demikian aspirasi masyarakat bisa diakomidir pemerintah dengan baik, tanpa harus ada pertikaian dan kesalahpahaman.

Kehadiran Bupati ini disambut oleh Kepala SMP 1 Kecamatan Payakumbuh Guntur dan bersama Wakil Kepala dan Panita PPDB. (TM)

Komentar