Gunung Merapi Erupsi, Masyarakat Magelang Diminta Untuk Tidak Mendekat

Magelang, Scientia- Pergerakan Gunung Merapi kembali mengeluarkan Erupsi pada Minggu pagi 21/6. Fenomena ini merupakan tahapan pelepasan tekanan Energi yang berada didalam gunung.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edi Susanto mengatakan erupsi yang dikeluarkan saat ini sangat bagus. Karena Erupsi itu akan meminimalisir terjadinya ledakan besar yang lebih berbahaya.

“Saat ini gunung berada pada tahap pelepasan energi, jadi kemungkinan terjadinya ledakan besar sudah berkurang,” ujar Edi di Magelang, Minggu (21/6).

Menurutnya, pergerakan Erupsi Gunung Merapi akan tetus terjadi untuk beberapa hari kedepan. Untuk itu ia menghimbau masyarakat untuk tidak berada di kawasan gunung, minimal dengan jarak Tiga Kilometer.

“Energi yang keluar ini tidak berbahaya, namun masyarakat menjauh dari kawasan merah letusan gunung,” Jelasnya

Ia berharap agar masyarakat tetap waspada dan selalu menjaga keselamatan, yang ditakutkan apabila terjasi letupan yang sangat besar.

Sementara, berdasarkan laporan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan Status gunung yang terletak di perbatasan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan Jawa Tengah (Jateng) ini masih dalam status waspada. (YRP)

Comment