Polda Sumbar Tinjau Ketahanan Pangan dan Nagari Tangguh di Padang Pariaman

Padang Pariaman, Scientia — Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sumatera Barat, Kombes Pol Hendra Wirawan beserta rombongan melakukan pengecekan ketahanan pangan dan Nagari Tangguh di Padang Pariaman, Rabu (17/6).

Hal ini dilakukan guna menghadapi Tatanan Normal Baru Produktif Aman Covid-19 (TNBPAC) di wilayah Padang Pariaman. Dalam kunjungannya, Hendra didampingi oleh Kapolres Padang Pariaman AKBP Dian Nugraha beserta pejabat utama Polres Padang Pariaman.

“Pengecekan ketahanan pangan dan Nagari Tangguh ini bertujuan untuk menjaga ketahanan pangan di wilayah kabupaten Padang Pariaman dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19,” tegas Hendra.

“Vaksin corona yang paling ampuh adalah dengan cara menumbuhkan disiplin di tengah masyarakat seperti penggunaan masker, cuci tangan dan menjaga jarak antar sesama sehingga dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” terangnya.

Peninjauan kesiapan ketahanan pangan itu dipusatkan pada dua lokasi yang berbeda, lokasi pertama adalah pembibitan kolam ikan gurami binaan Bhabinkamtibmas Bripka Musawir di Kiambang, Korong Balai Satu Nagari Lubuk Pandan, Kecamatan 2X11 Anam Lingkuang.

Selanjutnya rombongan bergerak menuju Nagari Batu Kalang Utara di Kecamatan Padang Sago untuk meninjau area perkebunan pepaya binaan Bhabinkamtibmas Aiptu May Efrizon personil Polsek VII Koto Sungai Sariak.

Mewakili Pemerintah Daerah Padang Pariaman, Rombongan Polda Sumbar disambut oleh Kepala Dinas Perikanan, Zainil. Ia menilai selama ini anggota Polri telah banyak membantu dalam pengembangan usaha budidaya ikan.

“Nagari Tangguh perlu melibatkan peran masyarakat banyak, sehingga berkontribusi besar dalam penguatan ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19. Semoga dengan dibina oleh para Bhabinkamtibmas masyarakat bisa menjunjung tinggi gotong-royong dan kepedulian namun tetap pada protokol kesehatan,” ujar Zainul.

Sementara itu, Kapolres Padang Pariaman AKBP Dian Nugraha HBWPS SH SIK sangat mengapresiasi perangkat nagari dan masyarakat yang telah berperan secara aktif dalam upaya membentuk Nagari Tangguh ini.

“Nagari Tangguh ini merupakan salah satu solusi dari masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini”, Pungkasnya. (AKB/Rls)

Comment