KPU Pesisir Selatan Verifikasi Faktual Calon Perseorangan

Pesisir Selatan, Scientia—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan akan melaksanakan tahapan verifikasi faktual, terkait pencalonan perseorangan, dalam Pilkada serentak tahun 2020.

“Sesuai PKPU Nomor 5 Tahun 2020, proses verifikasi faktual akan dimulai tanggal 24 Juni sampai dengan tanggal 12 Juli 2020,” ungkap Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Pesisir Selatan, Yon Baiki, Rabu (17/06).

Yon Baiki meneruskan, bahwasanya dimulai dari tanggal 22 Juni sampai tanggal 29 Juni merupakan penyaluran berkas yang akan diverifikasi, dari KPU Provinsi Sumatera Barat diserahkan kepada KPU Kabupaten Pesisir Selatan dan disampaikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS). Ini dikarenakan, calon perseorangan untuk Calon Bupati dan Wakil Bupati tidak ada, jadi semua berkasnya di KPU Provinsi.

“Yang melakukan verifikasi faktual di lapangan nantinya, tentu PPS, jika dibutuhkan bisa ditambah dengan verifikator pendukung. Tim verifikasi di lapangan nantinya dilengkapi dengan standart penanganan Covid-19,” ujar Yon Baiki.

Yon baiki melanjutkan, untuk di Kabupaten Pesisir Selatan sendiri, ada sebanyak 15.406 berkas yang harus diverifikasi, terkait pencalonan perseorangan tersebut.

“Jadwal verifikasi akan dilaksanakan serentak nantinya, secara Nasional,” tutup Yon Baiki. (JWA)

Comment