Peringati Hari Donor Darah Sedunia, PMI dan RSUD M.Dzein Gelar Donor Darah

Pesisir Selatan, Scientia—Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pesisir Selatan, mengadakan kegiatan Donor Darah Masal bekerja sama dengan Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Dzein Painan, bertempat di perkarangan parkir RSUD M Dzein Painan.

“Kegiatan ini kita laksanakan dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia, yang yang jatuh pada tanggal 14 Juni, sekarang merupakan hari kedua karena kita mengadakan dari Senin, 15 Juni 2020,” ungkap Kepala Markas PMI Kabupaten Pesisir Selatan, Lahardi Piterson, Selasa (16/06).

Piter menyampaikan bahwasanya dalam kegiatan ini juga bertujuan untuk memenuhi tingginya kebutuhan darah di RSUD M Dzein Painan, yang diadakan sampai Kamis, 18 Juni 2020.

Di tempat yang sama, Kepala Ruangan Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD M Dzein yang akrab dipanggil Buk Opet menyampaikan, tiap harinya UTD membutuhkan 15 sampai 20 kantong darah.

“Malahan tiap harinya UTD selalu kekurangan darah, dikarenakan yang mau donor darah sukarela tidak sampai lima orang dalam sehari,” ungkap Opet.

Opet berharap, masyarakat mau untuk ikut berpastisipasi dalam mendonorkan darahnya secara sukarela, agar bisa membantu bagi yang membutuhkan. (JWA)

Comment