Indonesia Peringkat 97 Negara Paling Aman dari Korona

Scientia—Indonesia menduduki peringkat 97 dari 100 negara yang dirilis oleh Deep Knowledge Group sebagai negara teraman di dunia dari pandemi Covid-19. Untuk peringkat pertama diduduki oleh Swiss dan disusul oleh Jerman.

“Swiss dan Jerman mencapai posisi 1 dan 2 dalam studi kasus khusus baru ini. Secara khusus hal ini disebabkan karena ketahanan ekonomi mereka, dan cara-cara mereka yang berusaha untuk mengendurkan pembatasan dan mandat pembekuan ekonomi dalam sebuah fakta dan berbasis ilmu pengetahuan sopan santun, tanpa mengorbankan kesehatan dan keselamatan masyarakat,” kata penelitian itu seperti dikutip dari Forbes.com, Rabu (10/6).

Laporan ini diambil berdasarkan 130 parameter kuantitatif juga kualitatif dan lebih dari 11.400 titik data dalam berbagai kategori seperti efektivitas karantina, pengawasan dan deteksi, kesiapan medis, juga efektivitas pemerintahan.

Hal yang menarik, dalam hal ini terdapat perubahan peringkat yang signifikan selama beberapa bulan pandemi. Pada awalnya, negara-negara yang bereaksi cepat terhadap krisis dan memiliki persiapan penanganan yang ketat menempati peringkat tertinggi.
Namun saat ini, negara-negara dengan ketahanan ekonomi yang kuat lah yang menempati peringkat atas.

Wilayah berisiko tertinggi saat ini, menurut laporan itu adalah Afrika Sub-Sahara dan Amerika Selatan, serta beberapa negara di Timur Tengah dan Asia Pasifik.

Sedangkan untuk negara Indonesia, saat ini jumlah kasus positif Covid-19 tanggal 13 Juni 2020 sudah mencapai angka 37.420 orang. Dari jumlah tersebut, 13.776 pasien dinyatakan sembuh dan 2.091 orang meninggal dunia. Data ini diperbarui setiap hari dengan cut off data pukul 12.00 WIB. (bhy)

Comment