Ketua Forum Wali Nagari: Tidak Ada Pemotongan Dana Nagari

Padang Pariaman, Scientia — Ketua Forum Wali Nagari Se-Kabupaten Padang Pariaman H. Zul Hendrayani membantah pemberitaan salah satu media online terkait adanya pemotongan Dana Nagari sebesar 8,3 M oleh Pemkab Padang Pariaman.

Hal itu disampaikan H. Zul melalui pesan seluler, ketika dihubungi pada Kamis (11/06). Selaku Ketua Forum Walinagari Kabupaten Padang Pariaman, dirinya menyayangkan pemberitaan yang tidak jelas dan meresahkan masyarakat tersebut.

“Ini justru dapat menimbulkan image yang kurang baik bagi Pemerintah Padang Pariaman yang dituding telah memotong Dana Nagari. Padahal informasi tersebut tidak benar,” tegasnya.

Menurut H Zul, terjadinya pemotongan Dana Nagari, baik ADD maupun ADN merupakan keputusan bersama antara tiga kementerian, dalam rangka penanganan Covid-19 di seluruh Indonesia. Sedangkan pemotongan ADN sebesar 10 %, karena Dana Alokasi Umum (DAU) juga dipotong 10 %.

“Jadi, itu bukan kewenangan Pemkab Padang Pariaman dan dasar hukumnya jelas, yakni merujuk pada keputusan
bersama tiga kementerian tersebut,” ulasnya.

Ditambahkan H, Zul hingga saat ini sebanyak 103 Nagari di Kabupaten Padang Pariaman telah menyalurkan BLT yang bersumber dari Dana Desa. Bahkan beberapa Nagari sedang menyiapkan penyaluran BLT tahap II. (AKB/Rls)

Comment