BTS Semangati Lulusan Tahun 2020

Scientia – Boyband ternama korea Bangtan Sonyeondan atau yang dikenal BTS, ikut menyemangati lulusan di tahun 2020 yang tidak bisa ikut melaksanakan wisuda atau kelulusan seperti tahun sebelumnya. Tahun ini, kelulusan siswa dilaksanakan secara virtual akibat dari wabah Covid-19.

Lewat acara “Dear Class of 2020” yang di unggah ke Youtube pada Senin (8/6) pagi, ketujuh member BTS memberikan semangat kepada setiap lulusan yang harus diwisuda secara virtual. Hal tersebut bukanlah penghalang bagi generasi penerus bangsa untuk tetap maju dan menggapai semua impian.

“Dear Class of 2020, merupakan tahun yang aneh, namun kalian berhasil lulus.

Hari ini, mungkin kita tidak memiliki bunga, tidak memiliki topi kelulusan. Namun,yang kita miliki adalah upacara kelulusan yang paling spesial dalam sejarah,” kata RM melalui pidatonya yang disampaikan di Museum National Korea, Seoul, Korea Selatan.

RM atau lelaki yang memiliki nama asli Kim Namjoon ini, menuturkan harapan kepada mereka yang merayakan kelulusan secara virtual untuk terus semangat dan tidak mudah menyerah.

“ Kita mungkin merayakan kelulusan hanya melalui kamera atau layar kecil ini. Tetapi saya tau, masa depan kalian akan berkembang menjadi sesuatu yang jauh lebih besar dan luar biasa,” lanjut RM.

RM juga menyatakan dampak dari Covid-19 juga dirasakan BTS. Diantaranya dibatalkannya sejumlah acara yang sudah direncanakan dan kegelisahan dalam menghadapi pandemi yang membuat mereka harus mengisolasi diri.

BTS merupakan salah satu daftar pembicara kelulusan Dear Class of 2020. Secara bergantian, ketujuh member BTS yang terdiri atas V, Jung Kook, Suga, RM, Jimin, J-Hope, dan Jin ini, menyampaikan pidatonya dan memberikan semangat kepada semua para lulusan angkatan 2020.

Mereka menyampaikan pidato selama 12 menit yang direkam terlebih dahulu di Museum Nasional Korea. Dalam kesempatan itu, BTS juga menghibur para alumni dengan menampilkan tiga lagu hit yakni Boy With Luv, Spring Day, dan Mikrokosmos.

Beberapa tokoh dunia turut memberikan semangat dan menyemangati lulusan 2020 seperti mantan Presiden AS Barack Obama dan Michelle Obama, mantan Sekretaris Pertahanan Robert Gates, Beyonce, Lady Gaga, serta aktivis Pakistan dan penerima hadiah Nobel Malala Yousafzai.
Pada akhir acara, mereka mengakhiri dengan isyarat penuh humor, mereka meneriakkan “Dear Class of 2020” sebelum melemparkan topi kelulusan ke udara. (bhy)

Comment