Dua Daerah di Sumbar Masih PSBB, Ini Alasanya

Padang, Scientia – Mulai Besok Sumbar berlakukan New Normal, tetapi ada dua daerah tetap mempertahankan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kedua daerah tersebut adalah Kota Padang dan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Keputusan itu disampaikan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno setelah Rapat penetapan New Normal. Minggu (7/6)

Kelanjutan PSBB di Kota Padang dengan alasan cluster di Pasar Raya masih dalam proses pengendalian. Sedangkan Kabupaten Kepulauan Mentawai membutuhkan masa transisi untuk pemberian sosialisi kepada masyarakat.

“Daerah yang cukup berjarak, seperti Kabupaten Kepulauan mentawai, butuh waktu untuk sosialisasi,” ujar Irwan menegaskan.

Dia juga menyampaikan, bahwa 16 kabupaten atau kota yang akan menerapkan Tatanan Normal Baru Produktiv dan Aman Covid-19 pada dasarnya sudah siap. Hanya saja kesiapan masyarakat yang masih kurang.

“Nilai kepatuhan dan kesiapan masyarakat hanya 25 dari 100, artinya kesiapannya masih kurang,” sampainya.

Irwan juga menegaskan kepada seluruh Walikota dan Bupati untuk melakukan sosialisasi edukasi serta memberikan sanksi kepada masyarakat dengan membuat Perda atau perwako terkait disiplin mengikuti protokol Covid-19.

“Kedisiplinan masyarakat inilah yang menjadi prioritas kita bersama TNI dan Polri pada saat penerapan tatanan normal baru, khususnya di tempat keramaian” tegasnya.(YRP)

Comment