Sekolah Di Tanah Datar Mulai Dibuka Saat New Normal

Tanah Datar, Scientia – Pemerintah Kabupaten Tanah Datar berencana kembali membuka aktivitas di sekolah saat dimulainya new normal. Namun Pemkab memastikan ujian semester bagi siswa kelas 7 dan 8, akan ditiadakan.

“Jika PSBB tidak berlanjut, maka insya Allah tanggal 8 Juni sekolah sudah kembali dibuka secara terbatas bagi siswa maupun guru,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Tanah Datar, Riswandi, Senin (1/6).

Riswandi menambahkan meskipun sekolah kembali dibuka, namun pihaknya menghimbau agar masing-masing sekolah dapat menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak aman, menggunakan masker dan menyiapkan tempat cuci tangan bagi guru, pegawai maupun siswa.

“Untuk mengantisipasi penyebaran Covid 19 ini, kita mesti tetap waspada dengan menerapkan protokol kesehatan,” jelas Riswandi yang telah menulis buku tentang sekolah adiwiyata tersebut.

Menurut Riswandi, di masa new normal tersebut, aktivitas di sekolah hanya sebatas mempersiapkan peneriman rapor. Pasalnya, ujian semester genap yang sejatinya digelar bulan ini dipastikan batal dilaksanakan.

“Nilai ujian semester diambil dari tugas yang telah dikerjakan selama kegiatan belajar di rumah,” katanya.

Disisi lain, Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kantor Kemenag Tanah Datar, Helmi Zuldi mengatakan pihaknya mengikuti kebijakan yang diterapkan Pemkab Tanah Datar.

“Kita mengikuti kebijakan di daerah. Memang di Kemenag RI sendiri, mulai masuk kerja secara normal tanggal 5 Juni. Namun kita di daerah menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah daerah,” katanya. (Rudi)

Comment