oleh

Apel Gabungan Bersama Pemko, Kapolres: Utamakan Pendekatan Humanis

Payakumbuh, Scientia—Kota Payakumbuh ikut melaksanakan perpanjangan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sampai 7 Juni mendatang. Untuk mempersiapkan segala sesuatunya, Pemerintah Kota bersama TNI, Polri dan Satpol PP adakan apel gabungan, di pasar kanopi, Kamis (28/05).

Apel gabungan dalam rangka menegakkan kedisiplinan menjelang diberlakukannya “new normal” di Payakumbuh tersebut dipimpin oleh Wali Kota Riza Falepi.

Dalam sambutannya, Riza mengatakan bahwa dukungan warga sangat diperlukan untuk menjalankan protokol kesehatan, terutama ditempat tempat keramaian.

“Untuk memastikan kita dapat menuju “new normal”, gugus tugas dibantu oleh TNI dan Polri bersama Satpol PP ditugaskan di titik-titik keramaian untuk menegakkan kedisiplinan, agar masyarakat patuh terhadap protokol kesehatan. Untuk itu, kita sangat butuh dukungan dari warga,” ujar Wali Kota.

Selanjunya Kapolres mengatakan, bahwa (PSBB) Sumbar dilanjutkan hingga 7 Juni 2020 dengan catatan Gugus Tugas menyiapkan protokol tahapan-tahapan menuju “new normal”.

“Gugus Tugas itu mendisiplinkan masyarakat untuk patuhi protokol kesehatan. Lakukan dengan humanis agar pengelola tempat keramaian dan pengunjung bisa melaksanakan protokol kesehatan dengan baik,” ujar Kapolres.

“Tetap dalam status siaga darurat nasional, pengendalian maksimal terhadap penyebaran Covid-19. Supaya dukungan untuk Kota dan Kabupaten yang memutuskan untuk menuju “new normal” bisa terlaksana,” ulasnya.

Sementara itu, Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav. Ferry S Lahe juga menjelaskan bahwa sejak Selasa sore (26/5), personel tim gabungan sudah ditempatkan masing-masing 5 orang di 7 titik keramaian. Di antaranya Pasar Kanopi, Pasar Ibuh, Swalayan Budiman Baru, Swalayan Budiman Lama, Swalayan Niagara dan Swalayan Mulia dan Biblo Departemen Store.

“Di tiap-tiap titik keramaian tersebut kita bagi menjadi dua regu yang masing-masing regu terdiri dari 5 orang, ada yang bertugas siang hingga sore dan sore hingga malam hari. Dalam pelaksanaan tugasnya tim gabungan mengingatkan warga dan pengelola tempat untuk memastikan kepatuhan terhadap protokol kesehatan“, ujar Letkol Ferry.

Turut hadir dalam apel gabungan yang digelar di Pasar Kanopi Payakumbuh ini, Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz, Sekda Kota Payakumbuh Rida Ananda, Kadis Kesehatan Payakumbuh dr. Bakhrizal, Kadis Kominfo Jhon Kennedy, Kasatpol PP Devitra, pejabat Polres dan Kodim. (TM)

Komentar

Berita Lainnya