oleh

Komisi I DPRD Sumbar Dorong Pemprov Mutakhirkan Data Penduduk Miskin

Padang, Scientia- Komisi I DPRD Sumbar mendorong Pemprov Sumbar bersama jajarannya segera melakukan pemutakhiran data penduduk miskin dan terintegrasi, yang menjadi acuan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menjalankan programnya. Data penduduk miskin yang ada sekarang dinilai sudah banyak yang tidak sesuai ditemui di lapangan.

Hal ini disampaikan Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar itu diungkapkan HM. Nurnas usai kunjungan lapangan dan diskusi sehubungan Monitoring LKPJ Gubernur di Nagari Rawang Gunung Malelo Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Jum’at (15/5) siang.

Menurut HM Nurnas, pemutakhiran data penduduk miskin ini sangat diperlukan, terutama pada saat adanya musibah seperti pandemi Covid-19 ini. “Bayangkan ada orang yang sudah meninggal, datanya masih muncul. Sedangkan ada warga yang miskin tetapi namanya tidak tercantum dalam daftar penerima bantuan. Ini yang akhirnya memicu keributan,” kata HM Nurnas.

Karena itulah Nurnas mendesak Pemprov Sumbar dan juga Pemkab/Pemko menyediakan anggaran, untuk memutakhirkan data penduduk miskin yang benar-benar berbasis nagari. Menurut dia, dalam pemutahiran data ini wajib melibatkan aparat nagari, sebab mereka yang tahu pasti kondisi masyarakatnya. (pzv)

 

Komentar