11 fitur tersembunyi WhatsApp

Apakah Anda baru mulai menggunakan WhatsApp atau pengguna lama, Anda mungkin tidak mengetahui beberapa fitur bermanfaat yang tersembunyi ini.

1. Format teks 

Untuk mencetak teks tebal di WhatsApp, gunakan tanda bintang (* tebal *); cetak miring teks dengan garis bawah (_miring_); buat teks dicoret dengan tildes (~ dicoret ~).

2. Memberi bintang pada sebuah pesan

Membintangi pesan merupakan cara mudah untuk kembali ke nomor telepon, alamat, atau tautan artikel yang dikirim teman kepada Anda. Tekan lama pada pesan, lalu ketuk ikon Bintang.

Untuk melihat pesan berbintang, di iOS pilih tab Bintang di sepanjang bagian bawah layar Anda. Pengguna Android perlu mengetuk tombol Menu, lalu pilih Pesan Berbintang.

3. Kepada siapa Anda paling banyak berbicara?

Ingin tahu tentang siapa BFF (Best Friend Forever) Anda di WhatsApp? Jika Anda memiliki iPhone, mudah diketahui.

Buka Pengaturan> Penggunaan Data dan Penyimpanan> Penggunaan Penyimpanan. Daftar kontak akan terisi, sesuai dengan siapa yang paling banyak menggunakan penyimpanan di ponsel Anda. Ketuk pada setiap kontak untuk melihat statistik yang lebih rinci, seperti jumlah pesan yang dipertukarkan, gambar, dan GIF.

Pengguna Android dapat pergi ke Pengaturan> Obrolan> Riwayat Obrolan> Obrolan Email untuk melihat info yang sama.

4. Melihat info pesan secara detail

Pernah bertanya-tanya jam berapa sebuah pesan dikirim atau dibaca? Geser ke kiri pada pesan yang Anda kirim untuk melihat statistik di iPhone Anda. Pengguna Android dapat menekan lama pada sebuah pesan, lalu mengetuk ikon “info” di bagian atas layar Anda.

5. Membisukan percakapan

Saat berada dibioskop atau rapat, gunakan fitur bisu pada WhatsApp untuk membungkam percakapan grup yang mengobrol atau teman yang tidak mengetahui bahwa Anda sedang sibuk.

Pengguna Android dapat menekan lama pada obrolan, lalu mengetuk ikon speaker yang dicoret di bagian atas layar. Pengguna iPhone perlu membuka percakapan, lalu ketuk kontak atau nama grup di bagian atas layar diikuti oleh Mute.

WhatsApp menyediakan opsi untuk membisukan obrolan dari 8 jam hingga 1 tahun, yang sepertinya agak berlebihan.

6. Sembunyikan status terakhir Anda

Tidak ingin teman atau siapapun mengetahui waktu “Terakhir Dilihat” Anda? Buka Pengaturan> Akun> Privasi> Terlihat Terakhir.

WhatsApp menyediakan tiga opsi: Semua orang, Kontak saya, Tidak ada.

7. Nonaktifkan tanda terima baca

Selangkah lebih maju, Anda dapat menonaktifkan tanda terima baca di WhatsApp. Ini akan mencegah sesama pengguna mengetahui Anda telah membaca pesan.

Buka Pengaturan> Akun> Privasi dan hapus centang pada kotak di sebelah Baca Tanda Terima.

Catatan: Menonaktifkan fitur ini juga akan mencegah Anda melihat ketika seorang teman membaca pesan Anda. Namun, Obrolan Grup masih akan menggunakan tanda terima baca.

8. Jangan menyimpan foto, video secara default

Jika Anda lebih suka WhatsApp tidak menyimpan setiap foto dan video yang Anda terima, memakan ruang penyimpanan memori, nonaktifkan penyimpanan otomatis.

Pada iPhone, buka Pengaturan> Obrolan dan matikan Simpan Media Masuk.

Ini adalah fitur yang sepertinya hilang dari Android.

9. Gunakan WhatsApp di komputer

Anda dapat menggunakan WhatsApp dari komputer dengan relatif mudah.

Inti dari proses ini melibatkan memilih WhatsApp Web di dalam aplikasi seluler, mengunjungi web.whatsapp.com di komputer Anda, dan memindai kode QR dengan ponsel Anda.

10. Pemberitahuan khusus

Anda dapat mengatur suara khusus untuk masing-masing kontak di whatsapp, untuk memudahkan mengetahui sumber suatu pesan hanya dengan suara notifikasi yang masuk.

Pengguna Android harus mengetuk ikon Menu saat melihat utas obrolan, diikuti oleh Lihat Kontak> Pemberitahuan Kustom.

Bagi mereka yang menggunakan WhatsApp di iPhone, ketuk nama kontak saat melihat utas obrolan, lalu Pemberitahuan Khusus.

11. Ekspor percakapan

Anda dapat mengekspor percakapan jika Anda perlu menyimpannya. Saat melihat percakapan, pengguna Android perlu mengetuk tombol Menu diikuti oleh Lainnya> Obrolan Email.

Pada iPhone, prosesnya melibatkan melihat utas obrolan, mengetuk kontak di bagian atas layar, lalu menggulir ke bagian bawah halaman Info Kontak dan memilih Ekspor Obrolan.

 

Comment